»

Laman

Jumat, 12 September 2014

Beda Pendidikan dan Ilmu Pendidikan

Pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Menurut Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati (1991:68), ilmu pendidikan (paedagogiek) lebih menitikberatkan kepada pemikiran dan perenungan tentang pendidikan. Jadi ilmu pendidikan lebih menitikberatkan pada teori.
Syarat agar suatu ilmu dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan:
1.      Memiliki objek
Objek dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu:
a.       Objek formal         : Sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan.
b.      Objek material       : Sudut tinjauan manusia terhadap ilmu lain.
2.      Memiliki metode penelitian
Metode penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat ilmiah.
Berikut adalah tahapan dalam melakukan metode penelitian, yaitu :
a.       Mengumpulkan data atau informasi.
Bisa dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, maupun penyebaran angket.
b.      Mengolah atau menganalisis data.
Menggunakan analisis statistik (analisis dengan menggunakan data kuantitatif) dan nonstatistik (analisis dengan menggunakan data kualitatif) dengan metode induktif atau deduktif.
·         Metode induktif ialah pengambilan kesimpulan yang diawali dengan uraian terlebih dahulu.
·         Metode deduktif ialah pengambilan kesimpulan yang diikuti dengan uraian.

c.       Memiliki sistematika
Persoalan atau masalah tersusun secara sistematis atau saling terkait antarkomponen. Pendidikan memiliki tujuan yang pencapaianya dapat dilakukan melalui interaksi pendidikan dan peserta didik di dalam lingkungan.
d.      Memiliki tujuan
Ilmu pengetahuan bertujuan untuk mengembangkan ilmu (an sich) yang berupa teoritis murni maupun yang bersifat praktis (aplicable).
·         Teoritis murni berarti tidak memperhatikan kegunaan.
·         Ilmu praktis artinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tabel perbedaan pendidikan dan ilmu pendidikan
Pendidikan
Ilmu Pendidikan
Berupa tindakan manusia
Berupa kajian atau teori
Tindakan berupa usaha membimbing, melatih, dan mengajar sehingga dapat memposisikan keberadaan manusia  agar dapat berperan dalam praktik kependidikan.
Merupakan kegiatan dan hasil analisis yang menghasilkan kesimpulan. Ilmu pendidikan juga mempelajari hal-hal yang timbul dalam praktik pendidikan.


1 komentar:

Posting Komentar