Pengertian pendidikan
( UU SISDIKNAS No.20
tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya dan masyarakat.
Menurut Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati (1991:68), ilmu
pendidikan (paedagogiek) lebih
menitikberatkan kepada pemikiran dan perenungan tentang pendidikan. Jadi ilmu
pendidikan lebih menitikberatkan pada teori.
Syarat
agar suatu ilmu dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan:
1. Memiliki objek
Objek
dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu:
a. Objek formal : Sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan.
b. Objek material : Sudut tinjauan manusia terhadap ilmu
lain.
2. Memiliki metode penelitian
Metode
penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat ilmiah.
Berikut adalah tahapan
dalam melakukan metode penelitian, yaitu :
a. Mengumpulkan data atau informasi.
Bisa dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, maupun
penyebaran angket.
b. Mengolah atau menganalisis data.
Menggunakan analisis statistik (analisis dengan menggunakan
data kuantitatif) dan nonstatistik (analisis dengan menggunakan data
kualitatif) dengan metode induktif atau deduktif.
·
Metode induktif ialah pengambilan kesimpulan yang diawali
dengan uraian terlebih dahulu.
·
Metode deduktif ialah pengambilan kesimpulan yang diikuti
dengan uraian.
c. Memiliki sistematika
Persoalan
atau masalah tersusun secara sistematis atau saling terkait antarkomponen.
Pendidikan memiliki tujuan yang pencapaianya dapat dilakukan melalui interaksi
pendidikan dan peserta didik di dalam lingkungan.
d. Memiliki tujuan
Ilmu
pengetahuan bertujuan untuk mengembangkan ilmu (an sich) yang berupa teoritis murni maupun yang bersifat praktis (aplicable).
·
Teoritis murni berarti tidak memperhatikan kegunaan.
·
Ilmu praktis artinya dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Tabel perbedaan pendidikan dan ilmu
pendidikan
Pendidikan
|
Ilmu Pendidikan
|
Berupa
tindakan manusia
|
Berupa
kajian atau teori
|
Tindakan
berupa usaha membimbing, melatih, dan mengajar sehingga dapat memposisikan
keberadaan manusia agar dapat berperan
dalam praktik kependidikan.
|
Merupakan
kegiatan dan hasil analisis yang menghasilkan kesimpulan. Ilmu pendidikan
juga mempelajari hal-hal yang timbul dalam praktik pendidikan.
|
1 komentar:
Essen Ikan Tawes Aroma Udang
Posting Komentar