»

Laman

Selasa, 13 Agustus 2013

Kiat-Kiat Menjadi Pendengar yang Baik

1. Jangan berbicara. DENGARKAN!


    Jika Anda sedang mendengarkan lawan bicara Anda berbicara. Dengarkan hingga selesai. Jangan sesekali memotong pembicaraanya. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan pembicaraan tersebut dan Anda akan lebih dinilai mempunyai rasa menghargai terhadap lawan bicara Anda.

2. Jangan langsung menyimpulkan!


    Mulutmu harimaumu. Hendaknya sebelum berbicara kita harus memikirkan dahulu apa yang akan kita bicarakan dan dampak apa yang akan kita timbulkan dari pembicaraan kita. Usahakan hindari sikap ceplas-ceplos. Telusuri kebenaran dari pembicaraan lawan bicara Anda, JANGAN LANGSUNG MENYIMPULKAN!

3. Bertanyalah!


    Setelah lawan Anda selesai berbicara. Bertanyalah! Ini akan membuat lawan bicara Anda merasa bahwa Anda tertarik dengan pembicaraan tersebut dan ingin mengetahui lebih lanjut.

4. Konsentrasi!

  
    Jangan biarkan konsentrasi Anda terganggu karena kejadian di sekelililng Anda atau karena penampilan, logat, atau penggunaan kata dari lawan bicara Anda.



5. Berpikirlah terbuka!

  
   Dalam menghadapi lawan bicara, kita tidak boleh menanggapinya secara sepihak saja. Kita harus mampu memosisikan lawan bicara kita sebagai teman, dimana kita dapat membenarkan apa yang salah dan memotivasinya agar terus berbuat baik.


6. Berikan umpan balik!


   Selain bertanya, kita bisa memberikan saran, tanggapan atau sanggahan kepada lawan bicara kita. Hal ini akan membuat lawan bicara Anda merasa senang berbicara dengan Anda karena sikap Anda yang ramah terhadap mereka.

0 komentar:

Posting Komentar