»

Laman

Jumat, 24 Januari 2014

Mengapa Memilih Sastra Indonesia?

Kini saya sedang bingung memilih jurusan kuliah yang tepat. 'Tepat' dengan kemampuan dan minat saya. Mungkin dari beragam jurusan IPS 'agak' tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi karena memang saya ingin bekerja di bidang pers. Namun, setelah saya pikir-pikir agaknya saya sedikit 'minder' dengan kemampuan dan banyaknya peminat di jurusan ilmu komunikasi. Saya pun mencoba mencari peluang jurusan yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan peluang. Maka saya pun memutuskan memilih jurusan  "SASTRA INDONESIA". Mengapa?
  • Karena saya hobi membaca dan menulis sejak kecil. Bahkan menulis diary saya jadikan sebagai hobi.
  • Karena semakin sedikit generasi muda sekarang yang peduli akan bahasa Indonesia. Kebanyakan lebih memilih menggunakan bahasa 'slang' atau bahasa luar negeri yang berpotensi memusnahkan eksistensi bahasa Indonesia. Nah lho, kalau punah salah siapa?
  • Setelah saya teliti lagi, ternyata peluang kerja lulusan sastra Indonesia juga gak kalah keren. Setelah lulus nanti, kita bisa menjadi penulis, editor, pembuat naskah film/iklan, bekerja di Pusat Bahasa dan Penelitian, menjadi penerjemah, pemandu wisata, ahli bahasa dan lain sebagainya.
  • Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka kita semua sama halnya dengan merawat warisan budaya nenek moyang kita serta mengapresiasi lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 silam. Mulia sekali, kan?
Siapa bilang Jurusan Sasta Indonesia tidak berpeluang untuk go international ? Itu adalah anggapan yang kuno. Bahkan lulusan Sastra Indonesia saat ini banyak dicari untuk menjadi pengajar bahasa Indonesia di luar negeri. Bahkan 100 lebih sekolah di Australia sudah  menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran asing. Bagaimana dengan kalian? Masih cintakanh dengan bahasa Indoneia?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

okedhe, pertahankan keinginanmu ya. tunjukkan ke seluruh dunia bahwa hobi membaca dan menulis buahnya juga bisa dibanggakan oleh banyak orang. :D

Posting Komentar