»

Laman

Senin, 22 Juli 2013

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Hai bro, lama nggak ng-post nih. Ini postingan pertama gue setelah vakum berpuluh-puluh tahun *eciilee. lebay. nah, berhubung gue udah kelas tiga dan sebentar lagi mau beranjak ke bangku perkuliahan, jadi mahasiswi, jauh dari keluarga dan ortu. maka, gue sebagai siswa yang baik harus pandai-pandai memilih jurusan yang sesuai minat, peluang, dan bakat gue, Nah, untuk kalian yang merasa galau atau gundah gulana. Gue punya tips dan trik agar kalian gak salah pilih dalam menentukan jurusan

1. Kenali Dirimu Sendiri
    Kalian sudah dewasa bro, sudah saatnya kalian tahu passion kalian. Sebenernya memilih jurusan kuliah itu gampang-gampang susah bro. Kalian hanya harus tahu minat, kemampuan dan peluang kalian. Misalnya, kalian suka bekerja kelompok atau individu? Nah, kalau kalian suka bekerja secara tim, kalian bisa memilih jurusan ilmu sosial dan politik, hukum, hubungan internasional, jurnalistik, dan jurusan lain yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Nah, lain lagi kalau kalian suka bekerja secara individu. Kalian bisa memilih jurusan Ilmu komputer, desain grafis dan lain-lain. Cukup mudah, bukan ?

2. Pandailah Mencari Peluang
Terkadang ada orang yang ahli dalam jurusan tersebut, tapi masih juga gagal menembus tesnya. Oh, why? Hal ini bisa jadi karena banyaknya calon mahasiswa yang berminat di jurusan tersebut istilahnya, jurusan tersebut sudah terlalu mainstreamdan banyak pula universitas yang membuka fakultas tersebut. Kalau lulusan dari jurusan tersebut banyak, maka bisa jadi peluang pengangguran di tahun mendatang pun juga seabrek. Kalau ingin cari aman, pilihlah jurusan yang memiliki sedikit peminat tapi mempunyai prospek kerja yang besar. Hal ini dapat membantu kalian agar bisa masuk ke universitas favorit dan mempunyai peluang pengangguran yang kecil.

3. Usahakan sesuaikan dengan cita-cita masa depan
Pernah dengar pepatah, gantung cita-citamu setinggi langit? menurut saya itu pepatah sah-sah saja. Sejak kecil, kita sering menjumpai pertanyaan "Amalia, kalau udah gede mau jadi apphah??" "Jadi doktel, jadi gulu, (baca: dokter, guru)" Nah, jangan sampai kamu berhenti menggantung cita-citamu hanya karena salah memilih jurusan. Mulai dari sekarang berusahalah mencintai dan menyayangi citacitamu. Rawatlah cita-citamu hingga ia tumbuh besar dan dewasa kelak *ceileeeh bijak bangetz. 
Mulai sekarang rajin-reajinlah belajar, berdoa, dan jauhi maksiat. Jadi anak yang berbakti kepada guru dan orang tua. Itu adalah salah satu kunci kesuksesan kita dalam meraih cita cita. Mudan, bukan ? :)

4. Lakukan Sholat Istikharah
Salat Istikharah adalah salat sunnat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal. Spektrum masalah dalam hal ini tidak dibatasi. Seseorang dapat salat istikharah untuk menentukan dimana ia kuliah, siapa yang lebih cocok menjadi jodohnya atau perusahaan mana yang lebih baik ia pilih. Setelah salat istikharah, maka dengan izin Allah pelaku akan diberi kemantapan hati dalam memilih.
SEMOGA SOBAT TIDAK SALAH MEMILIH JURUSAN YA.. GOOD LUCK, GUYS :)


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Amaliah mauh masuk jurusan appah :D kekel.. nice :)

Unknown mengatakan...

hmm, masih bingung kak,, pokoknya di malang ajah biar deket :D

Posting Komentar