»

Laman

Jumat, 29 November 2013

Tips Mengatasi Rasa Takut Gagal

  1. Hadapi rasa takut pada kegagalan dengan tegar. Buanglah rasa takut ketika hendak melaksanakan rencana-rencana Anda. Kemudian wujudkan dengan tindakan disertai keyakinan penuh.
  2. Kerjakan rencana Anda dengan serius. Lakukan rencana yang tengah kalian hadapi dengan kesungguhan hati. Dengan demikian akhirnya Anda akan menyenangi pekerjaan itu. Sedikit demi sedikit rasa takut pada kegagalan akan berkurang.
  3. Tentukan standar keberhasilan sesuai dengan kemampuan yang ada. Kemudian kembangkan sampai melebihi standar yang telah ditentukan tadi. Jika perlu tingkatkan kedudukan anda dari ayah, misalkan sang ayah menjadi supervisor di perusahaa, maka anda harus jadi manajer.
  4. Jika Anda telah gagal, akuilah dengan jujur dan anggaplah kegagalan tersebut sebagai pengalamna belajar. Kemudian carilah kelemahan Anda yang telah menyebabkan kegagalan. Setelah itu bangkit dengan lebih hati-hati hati-hati dan percaya diri.
  5. Bersemboyanlah bahwa Anda berhasil, mampu dan seribu motto lainnya yang bersifat mendorong semboyan-semboyan seperti itu akan membangkitkan semangat Anda kembali. Jika perlu tulislah pada dinding kamar.
  6. Carilah penyebab rasa takut yang tidak beralasan. Contohnya kita takut gagal menghadapi ujian. Untuk menekankan perasaan takut itu kita dapat belajar lebih giat. Begitu pula jika kita takut gagal berusaha, maka kita harus melakukan tindakan untuk mendekati tujuan semula dengan lebih giat dan yakin berhasil.
  7. Pulihkan kepercayaan diri dan keyakinan pada keberhasilan. Kesampingkan perasaan-perasaan negatif, kemudian gantilah dengan perasaan-perasaan yang positif. Kita harus sadar bahwa keberhasilan tidak akan dicapai tanpa ada pengorbanan. Akhirnya kita akan menemukan diri sendiri. Hal ini akan berpengaruh pada keyakinan. Barulah bangkit dari kegagalan.

0 komentar:

Posting Komentar